Jumat, 18 November 2011

makalah bahasa indonesia wacana

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kami ucapkan terutama untuk Allah SWT yang telah memberi karunia yang tiada henti kepada kami untuk menyelesaikan makalah ini .

Ya rasulullah , salawat dan salamku senantiasa terangkaikan untukmu. Engkaulah teladangku dalam meniti jalan rida-Nya. Engkau motivatorku dalam menyatukan serpihan ihsan. Engkau tokoh idolaku dalam menjejaki langkah ikhtiarku di muka bumi ini.

Tak lupa kami ucapakan terimakasih kepada guru Bahasa Indonesia yang telah membimbing kami dalam menyusun makalah. Juga bagi semua pihak yang telah membantu secara langsung ataupun tidak.

Dan itu semua tiada arti bila tidak ada kerja keras dan kekompakan anggota kelompok. Semoga makalah kami dapat menjadi referensi, inspirasi dan bahan renungan bagi semua kalangan.

Dalam makalah ini kalau terdapat kekurangan penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun.

Makassar,23 November 2011

Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .......................................................................1

DAFTAR ISI ...................................................................................2

PEMBAHASAN WACANA ...........................................................3

JENIS-JENIS WACANA ...........................................................4

1. NARASI .................................................................................4

2. DESKRIPSI ...........................................................................4

3. EKSPOSISI ...........................................................................5

4. ARGUMENTASI ....................................................................6

KESIMPULAN .................................................................................7

PEMBAHASAN

WACANA

* Pengertian Wacana

Pengertian wacana dapat di lihat dari berbagai segi. Dari segi sosiologi, wacana menunjuk pada hubungan konteks sosial dalam pemakaian bahasa, sedangkan dari segi linguistik, wacana adalah unit bahasa yang lebih besar daripada kalimat

Pengertian wacana menurut beberapa ahli

1) Hawthorn (1992) mengemukakan pengertian wacana merupakan komunikasi yang terlihat sebagai sebuah pertukaran diantara pembicara dan pendengar, sebagai sebuah aktivitas personal dimana bentuknya ditentukan oleh tujuan sosialnya.

2) Roger Fowler (1997) mengemukakan bahwa wacana adalah komunikasi lisan dan tulisan yang di lihat dari titik pandang kepercayaan,dan nilai.

3) Alwi dkk (2003) wacana adalah rentetan kalimat yang menghubungkan proposisi satu dengan yang lain dan membentuk satu kesatuan

· Kridalaksana membagi wacana menjadi 4 yaitu :

1. Wacana langsung adalah wacana yang sebenarnya dibatasi oleh intonasi atau pungtuasi.(tanda baca yang di gunakan dalam penulisan kalimat)

2. Wacana pembeberan adalah wacana yang tidak mementikan waktu dan penutur, berorientasi pada pokok pembicaraan,dan bagian-bagiannya di ikat secara logis.

3. Wacana penuturan adalah wacana yang mementingkan urutan waktu,di tuturkan oleh persona pertama atau ketiga dalam waktu tertentu, berorientasi pada pelaku,dan seluruh bagiannya diikat oleh kronologi.

4. Wacana tidak langsung adalah pengungkapan kembali wacana tanpa mengutip secara harfiah kata-kata yang di pakai oleh pembicara, mempergunakan kontruksi grematikal atau kata tertentu. Seperti kata bahwa.

* Jenis-jenis Wacana

1. Narasi

* Pengertian Narasi

Narasi adalah salah satu jenis wacana yang berusaha menceritakan/ mengisahkan suatu kejadian yang terjadi dalam suatu rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu secara kronologis.

* Ciri-ciri Narasi

1) Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan

2) Di rangkai dalam urutan waktu

3) Menceritakan

* Contoh Wacana narasi

Saya terlambat ke sekolah hari ini karena bangun kesiangan. Tiba di sekolah pukul 7.45, sehingga saya di tegur oleh guru piket. Dan ketike masuk ke ruangan bahasa inggris saya di larang masuk karena waktu untuk yang kesiangan telah habis.

2. Deskripsi

* Pengertian Deskripsi

Deskripsi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha untuk melukiskan atau menggambarkan dengan kata-kata, wujud atau sifat lahiriah dari suatu obyek. Deskripsi merupakan salah satu teknik menulis menggunakan detail dengan tujuan membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu peristiwa atau adegan.

* Ciri-ciri Deskripsi

1) Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

2) Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.

3) Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

* Contoh Wacana Deskripsi

Kilometer nol, sebuah lambing

Sebuah tugu di ujung utara pulau aceh, berdiri tegak setinggi delapan meter. Landasannya, beton berteratak mirip tangga bersusun lima. Dengan panjang dan lebar sekitar enam meter . tentu itu terletak di sebuah semak belukar di bilangan jaboi, kotamadya Sabang.

Itulah kilometer nol Indonesia. Berada di tugu itu, terasa sesuatu merayap di kalbu, perasaan keindonesiaan . lagu patriotic dari Sabang sampai Marauke seakan-akan terngiang –ngiang di telinga. Kita sedang menginjak setapak tanah di ujung paling barat Nusantara

Lambang Garuda begitu megah bertenger di puncak tugu. Di bawah kai Sang Garuda, ada relief yang melukiskan untaian zamrud kepulauan di indonesia. Memang, sempat timbul tanda tanya, apakah kilometer nol Indonesia ini benar menjadi ukuran pasti di mulainya bentangan jalan raya dari ujung Barat Indonesia ke Timur. Akan tetapi, berada di titik itu, slogan Sabang sampai Marauke tiba-tiba menjadi sangat bermakna.

3. Eksposisi

* Pengertian Eksposisi

Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang di mana isinya di tulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat

* Ciri-ciri Eksposisi

a) Data faktual yaitu suatu kondisi yang benar-benar terjadi, ada dan dapat bersifat historis tentang bagaiman asuatu alat kerja, bagaimana suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya.

b) Suatu analisis atau penafsiran objektif tehadap seperangkat fakta

c) Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian.

* Contoh Wacana Eksposisi

Jatuhnya pesawat berkapasitas 266 penumpang airbus A300-600 merupakan peristiwa kedua bagi American Airlines beberapa detik lepas landas dari bandara udara internasional O’Hare Chicago, tiba-tiba mesin kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa mengendalikan pesawat akibat keseimbangan pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkir kendaraan 31 detik kemudian 271 penumpang plus awak tewas seketika.

Kecelakaan lain menyangkut mesin copot dialami oleh pesawat kargo EI-Al milik flag carier Israel, 4 Oktober 1992. Mesin nomor empat atau yang paling ujung pada sayap kanan, tiba-tiba lepas akibat dua fuse-pin ( baut dudukan mesin ) lepas. Di susul kemudian oleh mesin nomor tiga. Mendadak kehilangan dua mesin, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat dan menabrak gedung bertingkat di Amsterdam, Belanda. Empat awak tewas berikut 47 penghuni flat yang di tabrak.

4. Argumentasi

* Pengertian Argumentasi

Argumentasi adalah jenis karangan yang di dalamnya terdapat pernyataan-pernyataan atau pendapat penulis yang umumnya berasal dari hasil pengamatan,wawancara,penelitian penulis sendiri atau orang lain dengan di sertai bukti dan fakta.

* Ciri-ciri Argumentasi

a. Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin

b. Memerlukan fakta untuk pembuktiannya

c. Menggali sumber ide dari pengamatan,pengalamn dan penelitian

* Contoh Wacan Argumentasi

1. Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulus SMP langsung masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. Dia mengingatkan sejumlah resiko bagi lulusan SMP yang sembarang melanjutkan sekolah. Misalnya lulusan SMP yang tidak mempunyai bakat minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi , tetapi memaksakan masuk SMA. Dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. Tanpa lulus UAN mustahil bisa sampi perguruan tinggi. Pada akhirnya mereka akan menjadi pengangguran karena peljaran SMA tidak memberi bekal untuk bekerja.

* Kesimpulan

Wacana adalah unit terbesar dari suatu kalimat di mana terjadi komunikasi lisan dan tulisan antara pembaca dan pengarang atau pembicara dan pendengar.

Adapun jenis-jenis wacana yaitu narasi,deskripsi,eksposisi,dan argumentasi. Adapun pengertian dari narasi yaitu menceritakan peristiwa yang di susun secara kronologis, deskripsi yaitu penggambaran, eksposisi yaitu pemaparan/penjelasan, dan argumentasi yaitu pendapat atau opini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar